Sompo

Innovation for Wellbeing

ASURANSI

Prospek Industri Asuransi 2021

22 Jan 2021 | By Sompo

Home» Pemikiran & Gagasan» Prospek Industri Asuransi 2021

Pertumbuhan pada tahun 2021 akan didorong oleh pemenuhan permintaan pelanggan akan instan, kecepatan, dan kenyamanan.

Sebagai perusahaan asuransi umum dengan rekam jejak 45 tahun di Indonesia dan lebih dari 130 tahun di Jepang, Sompo Insurance bertujuan untuk tumbuh secara berkelanjutan di tahun 2021 dengan terus berinovasi demi kesejahteraan pelanggan. Kinerja keuangan kami di tahun 2020 terutama didorong oleh kepercayaan pelanggan kami, serta penawaran produk yang beragam mulai dari properti, kendaraan bermotor, pengiriman kargo, teknik, kesehatan, kecelakaan diri, perjalanan, kredit perdagangan, kewajiban bisnis, dan banyak lainnya.

Penawaran produk yang beragam ini, layanan cepat dan sederhana, dikombinasikan dengan solusi komprehensif, memungkinkan kami untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau bisnis dalam berbagai ukuran.

“Tujuan kami adalah untuk melindungi pelanggan kami saat mereka sangat membutuhkannya. Peran asuransi dalam melindungi masa depan seseorang semakin kritis di tengah ketidakpastian yang ditimbulkan oleh pandemi. Bagi kami, memiliki bisnis yang kuat dan tangguh adalah hal mendasar." -- Eric Nemitz, CEO PT Sompo Insurance Indonesia.

Dalam laporan surveinya, Deloitte optimis pasar asuransi umum global akan pulih pada tahun 2021 dengan pertumbuhan setahun penuh sekitar +3% dibandingkan tahun 2020. Beberapa tantangan dan risiko yang perlu dipertimbangkan dan diantisipasi pada tahun 2021 antara lain peningkatan digital (online ) pemasaran dan potensi sengketa penyelesaian klaim akibat COVID-19. Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Hastanto Sri Margi Widodo, lebih lanjut mengingatkan bahwa manajemen risiko dan kewajiban jangka panjang adalah kunci naik turunnya sebuah perusahaan asuransi.

“Tidak diragukan lagi, COVID-19 telah menjadi akselerator adopsi teknologi di industri asuransi yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas. Pelanggan menginginkan penawaran yang dipersonalisasi sesuai permintaan di ponsel mereka. Oleh karena itu, dalam jangka pendek hingga menengah, kita akan melihat konsolidasi pasar di industri Insurtech baik melalui merger dan akuisisi, kerjasama teknologi jangka panjang, dan bahkan mungkin ada saluran distribusi digital baru yang muncul sebagai pengganggu. Either way, itu akan menghasilkan peningkatan kecepatan dan kenyamanan bagi pelanggan akhir dan bisnis perantara, ”tambah Nemitz tentang tren industri asuransi Indonesia yang dia lihat mungkin terjadi pada tahun 2021.

Tahun ini, kami memperkuat pijakan kami di pasar korporasi dan ritel dengan meluncurkan berbagai inovasi yang bertujuan menjadikan Sompo Insurance menjadi asuransi umum tercepat dan termudah di pasar. Dengan stabilitas keuangan yang kuat dan rekam jejak yang telah lama berdiri, kami tetap berkomitmen untuk memberikan solusi inovatif dan layanan yang komprehensif kepada semua pelanggan dan mitra bisnis kami.